Wednesday, November 10, 2010

The Beautiful Japanese Lady Behind SNSD’s & SHINee’s Dances, Nakasone Rino

Siapa yang tidak tahu single hit SNSD, “Genie”? Umumnya semua K-Pop mania tahu lagu ini, bahkan mungkin pernah melihat video musiknya sekali ( kalau SONE mungkin sudah melihat MV-nya berkali-kali ). Tapi tidak semua orang tahu siapa “tangan-dan-kaki” pencipta gerakan dance SNSD di lagu “Genie” tersebut. Nah, kali ini, KI akan memberikan info mengenai penari brilian pencipta gerakan dance SNSD dan juga SHINee. Ia adalah seorang wanita cantik keturunan Jepang, seorang penari hip hop bernama Rino Nakasone. Ia berasal dari Okinawa. Namanya setelah menikah adalah Rino Nakasone Razalan.

Ia pindah ke Amerika saat berusia 19 tahun, dan ia sering ikut touring dengan berbagai artis sebagai penari back-up artis-artis tersebut. Saat ini, ia adalah dance dan instruktur dance di Los Angeles. Bersama Jae Won, Ia menciptakan koreografi dance Yunho dan Changmin sewaktu mereka membawakan lagu “Maximum” di konser SM Live.

Berada di Amerika sejak usia 19 tahun, dan selama di Amerika, ia menjadi asisten koreografer bagi Janet Jackson. Ia juga dancer backup untuk Britney Spears dan Gwen Stefani. Ia menikah di tahun 2007 dengan Lee Razalan.

Ia juga adalah salah seorang anggota dari Beat Freaks pada “America’s Best Dance Crew Season 3”.

Berikut ini adalah kutipan wawancara dengan si penari cantik ini.

Q. “GENIE” SNSD adalah topik yang ramai dibicarakan di Jepang, bagaimana asal muasalnya kamu bisa menjadi penanggung jawab koreografi mereka?
A. Sejujurnya, aku sudah sering melakukan koreografi untuk SNSD dan SHINee ( Keduanya dari SM Entertainment ). Namun untuk yang kali ini, aku sangat senang karena aku sebagai penanggung jawab “GENIE”. Aku tidak mengajarkan kepada gadis-gadis SNSD lagu ini di Korea, aku merekam sebuah video di LA dan mengirimkannya kepada mereka, agar mereka bisa menonton dan mempelajarinya. Koreografer SM Entertainment, Jae Won juga ada disana dan ia dapat memperbaiki gerakan mereka dan membuat gerakan dance mereka dalam “GENIE” menjadi sempurna.

Q. Daya tarik dari gerakan dance kaki yang indah juga menjadi topik hangat di Jepang. Adakah sesuatu yang menimbulkan ide bagimu sehingga kau bisa menciptakan ide koreografi sedemikian?

A. Aku tidak begitu ingat jika ada hal yang spesifik seperti itu. Ketika aku mendengarkan lagu tersebut, lagu itu memberiku inspirasi, begitulah bagaimana aku bisa menciptakan gerakan seperti itu. Selain itu, aku ingin memberikan mereka sesuatu yang sederhana agar mereka bisa bernyanyi pada saat menarikannya.

Q. Jika aku mengingat dengan jelas, saat mereka akan melakukan showcase di Jepang, banyak fans yang berada di luar ikut menirukan gerakan dance mereka.

A. KPOP sangat sederhana, agar banyak orang bisa menirukannya, mereka meminta bahwa kami harus membuat koreografi yang unik dan catchy. Terutama bagian chorus, adalah bagian yang terpenting.

Q. SNSD saat ini terkenal di Jepang, tapi daya tarik unik apa dari mereka yang bisa kamu lihat?
A. SNSD adalah kelompok dengan teamwork yang mengagumkan. Kesembilan gadis ini seperti sebuah keluarga besar, dan mereka dapat saling bekerja sama dengan baik. Mereka juga dapat mengingat koreografi dengan cepat. Mereka sebuah kelompok, tapi mereka juga memiliki kegiatan individual yang cukup bervariasi, jadi ini pasti sulit bagi mereka. Aku tinggal di Korea untuk mengajari mereka koreografi lagu “Oh!” yang mereka rilis Januari kemarin, namun saat latihan, hanya satu atau dua kali kesempatan dimana ke sembilan gadis ini bisa hadir bersamaan. Kenyataannya, mereka dapat menarikannya bersama dengan baik. Aku merasa kagum kepada mereka.

Q. Artis-artis K-POP memiliki hasrat dan ambisi yang kuat untuk belajar bahasa Jepang, iya kan?
A. Waktu itu, aku bertanggung jawab atas koreografi Yunho dan Changmin, dan sewaktu kami berbicara, bahkan aku terkejut mendengar mereka berbicara bahasa Jepang (Haha). Terlebih lagi, BoA yang juga fasih berbahasa Inggris. Artis-artis yang lain juga sangat antusias untuk belajar.

Q. Beberapa saat yang lalu, kamu berbicara tentang koreografi SHINee, bersediakah kamu menceritakannya sedikit?

A. Waktu itu, pada saat SHINee debut, mereka mencari koreografer baru. Dan pada saat yang tepat, mereka menonton sebuah video dari kelasku di LA melalui Youtube, dan mereka sangat senang melihatnya, itulah bagaimana ceritanya aku menjadi penanggung jawab lagu debut SHINee, “Noona, You’re So Pretty (Replay)”. Dan itu juga sebenarnya lagu debut bagiku dimana aku menjadi seorang koreografer. Karena itu, aku memiliki banyak memori khusus mengenai SHINee.

Q. Jadi itu adalah debut lagu SHINee dan juga debut lagu-mu, tidakkah kau merasa tertekan?

A. Awalnya, aku mendengar sebuah lagu dan memikirkannya dengan caraku sendiri, kemudian aku mempertunjukkannya kepada mereka. Mereka memang bukan dancer, mereka adalah artis. Karena SHINee memiliki 5 anggota, aku belajar banyak bagaimana membuat koreografi sebagus mungkin agar membuat kelima anggota ini dikenal. Bahkan sampai sekarang aku masih harus belajar banyak sebagai koreografer.

Q. Daya tarik apa yang berbeda sewaktu kau bekerja sebagai Koreografer dan Dancer?

A. Menjadi dancer dalah impianku, aku pindah ke Amerika, karena disinilah satu-satunya tempat dimana aku benar-benar dapat melakukannya. Dulu, aku bahkan tidak terpikir untuk menjadi koreografer dunia KPOP. Sebelumnya, aku akan meniru koreografi Michael Jackson, agar orang-orang melihat koreografiku dan menirukan gerakan tarianku, aku ingat aku merasa sangat tersentuh. Jadi aku sangat bersyukur sekarang.

Q. Apa impianmu setelah ini?

A. Tentu saja aku ingin terus menjadi dancer dan terus menciptakan berbagai hal yang berbeda. Belakangan ini, karena aku harus menangani banyak artis, aku juga tertarik untuk melatih ( mereka ). Jika aku diberikan kesempatan, tentu saja aku akan mengambil tantangan tersebut.

Aku juga menjadi koreografer untuk dance BoA di lagu “Copy & Paste” di album repackage ke6nya, dan album repackage SHINee yang ke2, untuk lagu “Hello”. Untuk lagu “Hello”, aku bekerja sama dengan temanku, Maryss.

Nakasone ingin memperluas jangkauannya sebagai dancer dan koreografer. Mari kita tunggu karya koreografinya yang lain.

Daftar Koreografi yang ia buat :

[SHINee]

* Noona, You’re So Pretty (Replay)
* You’re Like Oxygen
* Julliette
* Lucifer (with Jae Won)
Nakasone sudah bersama-sama dengan SHINee sejak SHINee debut. Bersama mereka bertransformasi menjadi dalam "Lucifer" dengan penampilan powerful dan berkarisma.

[SNSD]
*GENIE (with Jae Won)
*Oh!

[f(x)]

*Chu (dengan Hwang dari SM)
*Nu ABO (dengan Maryss Dari Paris dan Jae Won)

[SUPER JUNIOR]

*No Other (dengan Maryss Dari Paris)

[BoA]

*Dangerous
*Copy & Paste (with Maryss From Paris)

[Kangta]

*Love, Frequency (dengan Maryss Dari Paris dan Koreografer Korea)

[Yunho & Changmin]

*Maximum (dengan Jae Won)

Translated by: Kanki@Soshified.com

No comments:

Post a Comment